Selasa, 10 Maret 2009

STRATEGI MEMILIH JAWABAN

Memilih itu tidak mudah. Mau bukti! Kebanyakan tes/ujian yang bersifat massif menggunakan soal bentuk obyektif pilihan ganda. Namun tidak sedikit peserta yang dapat menjawab benar dari setiap soal. Tidak terkecuali pada Ujian nasional yang digelar oleh pemerintah setiap tahun. Nilai peserta (baca : siswa) masih banyak yang di bawah standart. Hal ini membuktikan bahwa "memilih itu tidak mudah"
Siswa tidak hanya cukup berbekal penguasaan materi dari soal yang diujikan, namun juga diperlukan strategi yang jitu dalam memilih jawaban. Terkadang siswa memerlukan banyak waktu dalam menyelesaikan sebuah soal, padahal ujian dibatasi oleh waktu. Yang terjadi adalah siswa tidak dapat menyelesaikan semua soal karena waktunya sudah habis, sehingga nilai yang diperoleh masih di bawah standart, meskipun sebenarnya siswa tersebut menguasai materi.
Salah satu strategi yang dapat digunakan adalah dengan meminimalisir opsi jawaban.
Contoh:
Koordinat kartesius dari (√2,300°) adalah …
A. (1/2√2 , √6)
B. (-1/2√2 , 1/2√6)
C. (1/2√2 , -√6)
D. (1/2√2 , -1/2√6)
E. (-1/2√2 , -√6)
Penyelesaian:
Titik (√2,300°) terletak pada kudran IV, sehingga dalam koordinat kartesius x bernilai (+) dan y bernilai (-). Dari pilihan yang ada, jawaban yang mungkin hanya C dan D. Yang membedakan kedua jawaban adalah nilai y nya, sehingga yang kita cari adalah nilai y nya saja
y = √2 sin300°
= √2 sin(360 - 60)°
= √2 (-sin60°)
= √2 (-1/2√3)
= -1/2√6
Jawaban: C

0 komentar:

Posting Komentar